Rabu, 11 November 2009

Facebook sebagai tren masa kini

Anda tau Facebook? Yup, salah satu situs jejaring sosial yang beralamat di http://www.facebook.com yang kini amat berkembang pesat dan mencuri perhatian itu.
Bermula dari banyaknya teman-teman yang meninggalkan pesan komentar baik di Friendster maupun pesan di YahooMessenger-nya, bahwa mereka sedang kecanduan dengan Facebook. Kemudian dibarengi dengan gencarnya pemberitaan mengenai Facebook itu sendiri di internet, berita di televisi yang menginformasikan bahwa penggemar situs yang satu ini tidak hanya anak-anak remaja tapi juga politisi, guru, karyawan bahkan ada juga anggota legislatif yang gemar ber-Facebook ria. Maka, sekarang penulis mencoba untuk menjelajahnya.

Menurut referensi yang penulis dapat, dari salah satu sebab berkembang pesatnya Facebook ialah ketersediaan library API (application programming interface) untuk siapa saja sehingga memungkinkan para developer untuk membuat aplikasi mini atau widget yang nantinya bisa dipasang atau digunakan di Facebook itu sendiri. Berbeda dengan Friendster yang membutuhkan waktu yang amat lama untuk mengeluarkan suatu fitur baru, library API ini memungkinkan para developer untuk berkreasi sehingga secara tidak langsung membuat Facebook makin populer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar