Sabtu, 05 Mei 2012

resensi novel

Judul : Seandainya Aku Boleh Memilih
Pengarang : Mira W
 Biografi Pengarang : Mira W lahir di Jakarta 13 September 1951
 Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : 1999
Tempat Terbit : Jakarta
Tebal : 224 Halaman
Panjang Buku : 18 cm
 Awal karir Mira W sebagai penulis dimulai pada tahun 1975. selain menulis Mira W juga sebagai dokter dan staf pengajar di sebuah perguruan tinggi di Jakarta. Buku-buku karya Mira W diantaranya Sepolos Cinta Dini (Gramedia 1978), Cinta Tak Pernah Berhutang (1978) dan Permainan Bulan Desember (1979, Gramedia 1999).
 Novel ini diawali dengan pertemuan antara Bandi, Haris dan Riri. Pertemuan itu menghasilkan cinta segitiga dimana Riri telah menikah dengan Bandi yang keadaannya sangat lemah, tapi Riri juga berhubungan dengan Haris, dimana Haris adalah kakak Bandi. Dari hasil hubungan Riri dengan Haris, Riri mempunyai anak yang harus ditinggalkan sejak dia masih bayi. Berawal dari hal tersebut, mulailah konflik antara Riri, Haris, Bandi dan Ibunya yaitu tentang kebenaran siapa ibu Doni. Dan akhirnya Bandi pun mengetahui kalau Riri telah berkhianat dengan kakaknya sendiri. Masalah pun belum selesai dimana Tanti tidak mau menyerahkan Doni kepada ibunya dan dia nekat bunuh diri.
 Keunggulan Buku : Jika Anda membaca novel ini, mungkin Anda tidak bisa berhenti di tengahnya. Novel ini mampu membuat pembacanya terus tertarik hingga akhir cerita.
 Kelemahan Buku : Pembawaan dua konflik yang sangat jelas berbeda menjadi salah satu kelemahan buku ini.
 Saran : Hendaknya pembawaan kedua konflik di beri sedikit clue agar para pembaca mudah mengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar