Selasa, 01 Juni 2010

1. Pengertian Tanggung jawab menurut saya adalah sebagai berikut :
"Tanggung jawab yang sejati adalah tanggung jawab yang memberikan perubahan pada diri sendiri dan orang lain. Karena arti tanggung jawab yang lebih dalam adalah berani memikul beban atau tanggung jawab bukan karena kesalahannya, akan tetapi dia mampu dan mau memikul tanggung jawab itu. Jadi disini tidak ada unsur siapa yang memulai perbuatan itu, siapa yang ikut berperan dalam kegiatan itu. Tidak ada unsur kesalahan dan penyalahan. Yang ada disini adalah jiwa pemberani untuk memikul tanggung jawab karena dia tahu hal ini akan menciptakan perubahan yang lebih baik,. dari pada sekedar saling tuduh dan menyalahkan. Dan hal ini akan memunculkan potensi yang lebih untuk mencurahkan perhatian pada hal-hal yang bisa dilakukan."

2. Pengabdian adalah :
Pengabdian adalah ketika kita memberikan lebih dari sekedar untuk kebutuhan kita sendiri dengan apa yang kita mampu tanpa bermaksud pamrih kecuali memberi manfaat untuk orang lain dan lingkungannya, agar mendapatkan ridha dari yang Maha Kuasa. Seseorang tidak merasa berjasa karenanya, dia juga tidak meminta pengakuan karenanya. Sesorang melakukannya dengan sukarela..
Bukan berarti ia tidak berbuat untuk dirinya juga, namun ia berbuat lebih .
Pemberdayaan ini memerlukannya. Lihatlah ke masing-masing diri (termasuk saya ke diri saya sendiri ), apakah kita bekerja selama ini hanya untuk sendiri atau juga untuk orang lain dan lingkungan kita secara sukarela. Bukankah Yang terbaik dari Ummat ini adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain, maka ketika misinya masih yang penting untuk diri sendiri (sementara kita wajibkan ada relawan di proyek ini ), bukankah sebaiknya kita mulai merefleksi diri dan berbuat lebih produktif ( bukan justru membuat repot masyarakat.)

3. Apakah persamaan antara tanggung jawab dan pengabdian dalam praktek kehidupan kita coba anda uraikan + contoh :
pengabdian mengandung unsur pengorbanan dan kewajiban untuk melakukannya yang biasanya akan dihargai dan tergantung dari apa yang diabdikannya dan dilakukan dengan tanggung jawab. Sebagai contoh, bila orang tua mengabdi untuk mengasuh anak-anaknya berkemungkinan besar nanti anak-anaknya akan berbakti juga kepada kedua orangtuanya, biarawan/wati yang mengabdi kepada agama dan Tuhannya nantinya akan dibalas amalannya di surga, ataupun pengabdian seorang pegawai negeri pada bangsa dan negaranya biasanya akan diberi semacam penghargaan/tanda jasa dari negara yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar